Saturday, February 8, 2014

Pengalaman Magang di PT. Indomo Mulia Cabang Semarang

Di dunia industri, kegiatan prakerin yang saya lakukan adalah perbaikan dan perawatan mesin pendingin. Pekerjaan yang saya lakukan dibagi menjadi 2: 1. Outdoor (di rumah konsumen), 2. Indoor (di tempat servis kantor). Di sana saya banyak mendapatkan pengalaman yang belum pernah saya dapatkan di sekolah. Siswa prakerin diajarkan cara memperbaiki segala jenis produk MODENA. Perbaikan yang pernah di lakukan, seperti:
1.  Perbaikan water dispenser.
2.  Perbaikan showcase.
3.  Perbaikan freezer.
4.  Perbaikan Kompor tanam.
Dari keempat kegiatan perbaikan di atas, perbaikan yang paling sering saya lakukan adalah perbaikan Showcase. Itulah alasan saya mengulas sedikit tentang perawatan dan perbaikan Showcase.

Perbaikan pada showcase pada umumnya yaitu:
1.  Sistem tidak mau dingin. Perbaikannya yaitu, apabila bahan pendingin kurang, maka tambah dengan bahan pendingin sesuai jenisnya. Apabila pada filter buntu, maka ganti filter dengan yang baru. Dan apabila terjadi kerusakan pada kompresornya, maka segera ganti kompresor dengan yang baru.
2.  Lampu pada showcase mati. Perbaikannya yaitu, cek kabel pada lampu apakah masih tersambung atau putus. Jika kabel masih baik, maka cek dengan multimeter. Jika multimeter tak berbunyi, maka ganti lampu dengan yang baru.
3.  Kaca pada pintu showcase pecah. Perbaikannya yaitu, ganti unit pintu dengan yang baru.
4.  Fan kondensor mati. Perbaikannya yaitu, cek kabel pada fan kondensor apakah masih tersambung atau sudah putus. Jika masih tersambung dengan baik, maka cek apakah fan terpasang dengan kencang. Biasanya karena pemasangannya yang tidak begitu kencang, maka fan pasti tidak akan berputar.
5.  Amper tinggi. Perbaikannya yaitu, cek overload. Cek dengan multimeter apakah masih berfungsi dengan normal atau tidak. Masalah yang sering terjadi adalah komponen tersebut terbakar. Maka, ganti komponen tersebut dengan yang baru.

6 comments:

  1. saya punya show case polytron tp mati apakah modul nya bisa di ganti dengan ballast philips mksh jawabannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduh... maaf, Gan. Udh lama sy gx bongkar miliknya polytr*n. Tp setahu sy kadang kita bisa "kanibal" dr merk lain. 😊

      Delete
  2. saya punya show case polytron tp mati apakah modul nya bisa di ganti dengan ballast philips mksh jawabannya

    ReplyDelete

Berkomentar yang positif = Menghargai postingan admin (Comment my post = Appreciate my post)
>> ALL OF MY FILES PASSWORD IS mynameisdedhi.blogpot.com <<